APA YANG DIMAKSUD DENGAN KOMPUTER

on Thursday, November 1, 2012



Komputer adalah sebuah mesin yang dapat menerima dan memproses data sesuai perintah program yang tersimpan dan kemudian memberikan hasil melalui output devices (perangkat keluaran). Sebuah sistem manupulasi elektronik itu didesain dan diatur secara otomatis untuk menerima dan menyimpan, memprosesnya, dan hasil keluaran data masukannya tergantung pada instruksi program yang tersimpan.

Sebagai contoh kamu masukan banyak data menggunakan perangkat masukan, 5 + 4. Kemudian, data ini akan diproses didalam sebuah komputer. Proses ini akan ditahan oleh sebuah perangkat yang disebut prosesor. Setelah proses ini selesai, maka hasilnya akan ditahan oleh sebuah perangkat keluaran. Kadang, komputer perlu menyimpan proses tersebut untuk keperluan tertentu. Sebagai contoh untuk digunakan dimasa mendatang. Dalam hal ini komputer akan menyimpan prosesnya ke sebuah perangkat yang disebut storage (tempat penyimpanan). Itulah cara komputer bekerja.

Sekarang lihat semua perangkat proses. Pertama adalah input device (perangkat masukan). Ada banyak jenis input device. Yang paling umum digunakan adalah keyboard. Lainnya adalah mouse, light pen, microphone, track ball, camera (contoh webcam), dll. Kita dapat mengatakan bahwa input device adalah jenis perangkat yang dapat digunakan untuk memasukan banyak data ke sebuah komputer.

Perangkat kedua adalah Prosesor.
Ini adalah otak dari sebuah komputer dimana menahan semua proses data di dalam sebuah komputer. Prosesor dibuat didasarkan pada bahan semikonduktor seperti Germanium (Ge) dan Silicon (Si). Bentuk prosesor terdahulu tidak seperti bentuknya yang kita lihat sekarang. Ada perkembangan dalam pembuatan sebuah prosesor sampai kita dapatkan bentuknya yang sekarang.

Untuk pertama kalinya, komputer menggunakan vacuum tube (tabung hampa udara), sebuah alat elektronik untuk perhitungan. Vacuum tube berukuran besar. Dan satu komputer mungkin terdiri dari puluhan ribu vacuum tube. Itulah mengapa tidak heran jika generasi pertama dari komputer berukuran besar mungkin seperti sebuah rumah. Generasi kedua dari komputer dimulai dengan penemuan transistor untuk menggantikan penggunaan vacuum tube. Dampak dari penemuan ini adalah penurunan pada ukuran komputer. Ukuran dari transistor mungkin seperti sebuah ukuran kacang. Itulah mengapa ada sebuah penurunan berarti dalam ukuran komputer.

Generasi berikutnya menggunakan Integrated Circuit (IC) untuk menggantikan transistor. Satu IC mungkin terdiri dari ribuan transistor. Akhirnya IC juga mengalami perkembangan kebentuk VLSI (Very Large Scale Integration) yang mana terdiri dari ribuan IC. Itulah prosesor. Perangkat ketiga adalah output device (perangkat keluaran). Output device adalah perangkat yang menghasilkan informasi dari hasil proses komputer. Informasi ini dapat ditampilkan di dalam sebuah monitor, atau dapat didengarkan melalui speaker, atau dapat dibaca dalam bentuk cetakan seperti kertas.

Baru-baru ini, ada dua jenis monitor, Yang pertama adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) yang mana menggunakan tabung hampa udara itulah mengapa ukurannya besar. Kedua adalah LCD (Liquid Crystal Display). LCD mempunyai bentuk yang ramping dan mempunyai layar yang datar, yang digunakan juga untuk notebook dan laptop. Perangkat terakhir adalah storage (tempat menyimpan). Sesungguhnya perangkat ini digunakan untuk menyimpan informasi dari sebuah prosesor. Tempat penyimpanan yang paling umum adalah hard disk, flash disk, floppy disk, CDROM (optical disk), magnetic tape, dll.

Penggunaan komputer dalam kegiatan sehari-hari
Baru-baru ini, komputer digunakan oleh masyarakat untuk keperluan sebagai berikut:
1. Data Processing (Memproses Data). komputer digunakan dalam finansial dan pekerjaan komersial seperti tagihan, pengendali persediaan, dll.
2. Scientific Processing (Memproses ilmiah). Komputer digunakan untuk mendukung pengetahuan teknik nuklir, matematika, dll.
3. Multimedia. Contohnya adalah mengedit musik, membuat film animasi, mengedit film dan video, dll.


0 komentar:

Post a Comment